Default

Alasan Once Keluar dari Dewa 19

Sebagai vokalis Dewa19, Once sempat merekam empat album yang menobatkan Dewa19 sebagai band jutaan keping seperti Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Laskar Cinta (2004), dan Republik Cinta (2006). Sebelas tahun berada di salah satu band rock terbesar di Indonesia bukan waktu yang sebentar. Namun karier ini pun ditinggalkannya. Pada 19 Januari 2011, Ahmad Dhani memberikan pernyataan bahwa Once Mekel mengundurkan diri dari Dewa. Sarjana Hukum lulusan Universitas Indonesia yang lahir di Makassar, 21 Mei 1970 ini bercerita kenapa dia mundur dari Dewa 19 yang membesarkan namanya.

Apa alasan Anda keluar dari Dewa19?

Gue sudah nggak merasa diri gue lebih baik di situ. Ke depannya gue juga tidak bisa menjamin bisa memberikan yang lebih baik lagi. Sepertinya “magic”-nya entah hilang ke mana. Dewa sama gue sudah nggak pas lagi. Mungkin kalau mereka cari vokalis lain yang lebih bersemangat akan lebih bagus. Karena bagi gue, band itu adalah perpaduan energi. Kalau elo tidak satu energi dengan yang lain, walaupun pintar seperti apapun, atau punya bakat seperti apapun, atau punya latar belakang musik yang cocok, tapi kalau tidak sama energinya ya percuma. Gue tidak ingin menyeret anggota yang lain ke suasana yang tidak produktif,” tuturnya mengaku.

Secara musik, apa bedanya Once di band Dewa19 dan Once di album solo Anda?

Masih banyak sisi komersialnya, sisi industrinya. Tapi bedanya mungkin ada di penggarapan vokal. Notasi yang dipilih, permainan progresi. Gue juga merasa di beberapa lagu gue lebih baik karena memilih range nada yang lebih tepat. Bagi gue, pemilihan nada dasar bagi seorang penyanyi sangat vital. Di album ini mungkin kualitas perekaman suara gue sendiri akan lebih baik.

Seperti apa suasana hati Once pasca-Dewa19?

Bahagia sih. Gue berada dalam tahap baru kehidupan gue. Sama seperti waktu lulus SMA kemudian masuk kuliah, ada excitement tersendiri. Lulus kuliah kemudian awal masuk kerja. Atau ketika awal masuk ke Dewa. Bertemu orang-orang baru, energi baru. Gue jago biasanya kalau suasana baru [tertawa]. Gue bukan tipe terlalu lama di satu tempat. Nah sekarang ini sama semangatnya, sama exciting-nya. Gue juga bisa leluasa dengan waktu, bisa buka bisnis sampingan juga.

Apakah keluarnya Anda dari Dewa berhubungan dengan kondisi Dewa19 yang mungkin tidak terlalu produktif seperti dulu, terlebih dengan kesibukan Ahmad Dhani sebagai bos Republik Cinta Manajemen?

Ya memang fokus juga sudah berkurang. Ini semua jadi terlalu industri. Jadi terlalu seperti “kerjaan” banget. Kalau bagi gue seperti untuk Dewa sih menurut gue yang penting bikin rekaman yang asyik sajalah. Nggak usah terlalu industri banget. Tapi itu kan susah ya. Banyak dorongan dari kiri dan kanan.

Bagaimana seorang Once melihat sosok Ahmad Dhani?

Dia adalah seorang entrepreneur musik dan seniman yang terkemuka. Dia produktif dengan kerjaannya sendiri. Dengan artis-artis dia. Dan buat gue pribadi, dia adalah seorang penulis lagu yang tetap hebat.

Masih suka bertemu?

Sudah tidak pernah. Gue lagi berusaha mengalihkan pikiran gue dari Dewa. Cari dunia sendiri bersama teman-teman lain.