Default

Pearl Jam Sibuk dengan Album Baru, Box Set dan Mini-Festival

Pearl Jam sedang sangat sibuk belakangan ini. Band rock Seattle pemilik debut album Ten itu kini telah memiliki 25 demo lagu yang siap untuk direkam. Dan rencananya mereka akan mulai masuk studio pada April mendatang untuk mulai menggarap album studio kesepuluh setelah Backspacer (2009).

Pemain bass dan sekaligus pendiri Pearl Jam, Jeff Ament, mengatakan kepada Billboard.com, “April akan menjadi waktu di mana kami berkumpul dan belajar untuk memainkan semua demo itu dan menentukan 12 sampai 15 lagu yang terbaik. Semoga kami bisa menyelesaikan sesuatu pada tahun ini.”

Selain rencana masuk ke studio rekaman, pada April nanti juga akan diumumkan lokasi dan detail lainnya untuk Pearl Jam Twenty Festival, perayaan ulangtahun ke-20 mereka sebagai sebuah band. Menurut Ament, kemungkinan besar mini-festival tersebut akan dilangsungkan sekitar Hari Buruh. Dalam rangka itu juga mereka tengah mengerjakan sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Cameron Crowe (Almost Famous, Vanilla Sky, dll.) serta penulisan sebuah buku.

Pemain bass yang juga tengah sibuk dengan proyek sampingannya, Tres Mts., itu menambahkan bahwa Pearl Jam telah memusatkan perhatian dalam pengerjaan ┬Čreissue album kedua dan ketiganya, Vs. (1993) dan Vitalogy (1994). Dua album reissue yang akan dibuat dalam format deluxe itu akan berisi demo-demo dan atau rekaman live Pearl Jam yang belum pernah dirilis sebelumnya. Box set dua album reissue itu rencananya akan dirilis akhir Maret ini.

“Kami telah banyak memusatkan perhatian pada masa lalu dan karenanya saya pikir kami semua sangat bergairah untuk membuat sebuah rekaman baru dan memiliki sesuatu untuk ditunggu,” kata Ament.